HISTORY

Foto saya
sanggar seni tualang tige atau yang di singkat S2T2 adalah sanggar yang berdiri sejak tanggal 14 september 2008. dan seiring bertambahnya waktu maka sanggar ini pun mengalami banyak perubahan - perubahan yang allhamdullilah mengarah ke yang lebih baik...

Sabtu, 29 Januari 2011

Zapin

Becakap tentang tari zapin bagi penyuke tari yang sudah tunak menari akan tebayang lenggang lenggok dan alunan langkah yang mengayun ombak, maju kedepan dan mundur sedikit kebelakang, persis seperti tarikan air dialunan gelombang terkadang terlempa kedepan kemudian tertarik siket kebelakang, ade rase oleng atau hoyong kekiri maupun kekanan, rase semacam ini bagi penari zapin yang sudah khatam kaji rasenye bukan hal yang asing malah menjadi asyik dan boleh jadi dapat membuat selap penarinye. Memang sangatlah cendikia orang tue kite tempo dulu membuat reke bentuk gaye dan style. Betepe tidak konon menurut sejarah tutur kesenian ini sangatlah kental suasane gurun atau pengaruh Arab, sementare hamper semue masyarakat kepulauan sefaham akan muasal zapin ni dari sane. Tapi itulah tadi dari kultur gurun pasir yang begitu sangar, keras, kering dan tandus di daerah asalnye sampai ke laot Melayu Kepulauan Riau, die atau tarian ini menjadi lembot, teduh, sejuk dan tidak sangar, tidak keras alias sangat melunak hati bagi yang melakukan dan menyaksikannye. Memang prosesnye pastilah tidak serte merte. Ade lintasan waktu kreativitas gerak maupun musik yang begitu lame dan panjang, biaselah dalam proses akulturasi menuju pesebatian kadang perubahan yang terjadi begitu lentur dan hampir tidak terase. Andai kite tengok aspek gubahannye dan bile kite telek lagi lebeh jauh dan mendalam pade gaye badan penari yang membawakannye make, beberape hal yang ikut mempengaruhi Zapin Melayu Kepulauan Riau dapat Awang Pengasuh sebut sebagai berikut.
Kaet kelindan pertame aktivitas kehidupan sehari-hari masyarakat puak Melayu Kepulauan yang akrab dengan kehidupan mencari nafkah dilaot dan disungai terhadap reka bentuk gaye dan rase tarinye sangat memberi arti, betape tidak tengoklah gerak – gerak tangannye, kiri maupun kanan ketike mengaut dan menguak, kemudian tengok dan rasekanlah dalam imajinasi kite gerak badan penarinye yang selalu turun-naik secare berulang-ulang, kemudian cermati pule gaye badan paruh pingang keatas yang tetap ade kesan hoyong ke kiri dan hoyong kekanan apepun name zapinnye. Jelaslah pade sikap tangan, badan dan kaki ade filosofi “air” yang mengalun gelombang serte property “dayung” yang sangat mempengaruhi gerakan tangan secara terstruktur.
Kaet kelindan kedue, unsur lain yang ikut mempengaruhi meski tidak begitu dominan adelah kehidupan satwa atau hewan diseputaran rumah atau kampong mereke umumnye hewan bersayap, pernah mendenga dan menengok ragam Siku Keluang, ragam Anak Ayam Patah, ragam Ayam Singke, Langkah Kotai, ragam Menyamba. Imitatif memang sifatnye, itulah seni tradisi bukan hal yang makruh apalagi haram meski meniru gerak laku sebagian hewan.Tekaet kelindan ketige, masih menukik pade pusaran gerak ragam zapin yang lain, pernah kite mendenga dan menengok bahkan melakukan ragamnye? Ragam Titi Batang, persis macam kite menyeberang parit diatas sebatang kayu yang ditumbangkan lalu dilintang diatas parit, laku itulah yang distilisasikan dalan gerak ragam Titi Batang. Ade juge ragam Mate Angin, gerak tiruan menunjuk arah yang bena dalam arah posisi tari menghadap empat penjuru secare bergantian. Kemudian Langkah Biase atau langkah Satu, Langkah Biase untuk transisi ragam, ade sampai dengan lapan bahkan ade sampai langkah duebelas, untok ini setau Awang cume ade di Pulau Penyengat Indra Sakti. Sayang cikgu besanye dah meninggal die orang Penyengat namenye Puan Nafisah, semoge harum makamnye sebab dah banyak sarjane jadi karene murah hatinye berbagi ilmu pade orang yang memerlukan. E …. eeh larat dan melankolis pulak Awang Pengasuh. Baik kite lanjot pade kaet kelindan ke empat, nah ini die cerminan ketinggian akultutrasi, persenyawean atau persebatian yang hamper disebot sempurne betape tidak ade ragam name die Takzim, Duduk Sembah, Alif Sembah/Sembah Alif, Tah Toh, Yaman Wainab. Bahkan ade tarian Zapin namenye “Laila Sembah”. Name-name ini sengaje Awang Pengasuh kutipkan kan sebab ingin mengesankan bahwe pengaruh islam itu sendiri maseh mengkristal ikut mewarnai pertumbuhan dan perkembangan Tarian Zapin di negeri ini meski telah berbancuh secare alami dengan kaifiat-kaifiat aktivitas hidop sehari-hari masyarakat pesise yang berspriritkan kebaharian. Akrab dengan laot, sungai dan hewan besayap disekitarnye, cume ade yang masygul dihati Awang Pengasuh kenape tak de atau belom tejumpe ragam Zapin yang tradisi lame yang terinspirasi dari hal bercocoktanam, bekebun atau menugal di ladang. Agaknye…agak-agak ajeni, memang orang Melayu tak suke bekebun, tak suke besawah atau becucok tanam macam suku-suku laen, tapi bukan tak pandai, bukan lahan tak subo, saje tak suke. Sebab kalau semue bekebun atau besawah siape pulak nak jadi pembeli waktu itu. Marilah kite mereke-reke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar